Senin, 30 Desember 2013

Tradisi Unik Jelang Tahun Baru

Merayakan tahun baru dengan melakukan hitung mundur sesaat sebelum jarum jam berganti dari pukul 23.59 ke pukul 00.00 pada 31 Desember merupakan tradisi yang selalu dilakukan di semua tempat, saat malam pergantian tahun.

Tapi tahukah anda, bahwa beberapa negara mempunyai cara unik untuk menyambut Tahun Baru. Berikut beberapa tradisi unik tahun baru di sejumlah negara:

Kolombia











Di sejumlah negara di Amerika Latin, ada kepercayaan bahwa jika anda menenteng koper kosong dan berjalan-jalan di lingkungan rumah anda saat malam tahun baru, maka setahun berikutnya anda akan lebih banyak berpergian ke luar kota atau ke luar negeri.

Rusia














Sebagian penduduk Rusia percaya bahwa jika anda menuliskan harapan tahun baru di secarik kertas, lalu membakar kertas itu dan memasukannya ke dalam segelas sampanye maka harapan-harapan itu akan terkabulkan. Tentu saja gelas sampanye yang berisi abu kertas itu harus anda minum.

Denmark


















Warga Denmark punya kebiasaan unik, yakni melompat dari atas kursi tepat pada pukul 00.00 pada malam pergantian tahun. Kegiatan ini dipercaya akan menjauhkan nasib buruk dan roh jahat dari kehidupan di tahun baru.

Brazil













Warga negeri Samba percaya bahwa memakai baju putih di tahun baru akan menjauhkan si pemakainya dari kekuatan roh jahat. Selain itu jika sedang berada di pantai, maka warga Brazil akan berramai-ramai melompati ombak sebanyak 7 kali untuk mendatangkan keberuntungan. 

Italia














Keluarga di Italia memiliki kebiasaan menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar dan tidak boleh padam dalam satu hari. Sebab, menurut kepercayaan mereka, api berasal dari matahari. Nah, bila api di hari tahun baru padam, maka mereka mempercayai sepanjang tahun tidak akan merasakan sinar matahari.

Yunani

















Tiap tanggal 1 Januari, penduduk Yunani biasa menebar biji delima sebagai simbol kemakmuran di sepanjang tahun. Karena menurut mereka, buah delima melambangkan kesuksesan dan kemakmuran.

Jepang














Orang Jepang biasanya merayakan tahun baru dengan menikmati beberapa makanan yang memiliki filosofi. Makanan tersebut berupa, telur ikan yang menyimbolkan kemakmuran, tazukuri yang melambangkan kesuburan dan manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

Spanyol 














Memakan 12 biji buah anggur dan berdoa merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Spanyol tepat tengah malam, pada tanggal 31 Desember. Jumlah anggur yang dimakan merupakan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

Finlandia 














Sebelum pergantian tahun, masyarakat Finlandia biasa memprediksi tahun depan dengan melelehkan lempengan timah dalam ember air. Bentuk yang dihasilkan timah tersebut, menunjukkan apa yang akan terjadi di tahun depan (hati = perkawinan, babi = kemakmuran, kapal = perjalanan, dan sebagainya). 

Panama 














Ada tradisi unik masyarakat Panama menyambut tahun baru yaitu dengan membakar patung orang terkenal yang disebut munecos. Patung ini simbolisasi tahun yang berlalu dan membakarnya berarti melenyapkan roh jahat untuk menyambut tahun baru dengan bersih. 

Skotlandia 










"Pijakan pertama" merupakan tradisi turun-temurun masyarakat Skotlandia yang menyatakan siapapun yang melewati ambang pintu rumahnya pertama kali harus memberikan hadiah (minuman) untuk keberuntungan. Mereka juga menggelar acara api unggun di desa nelayan, Stonehaven, dimana masyarakat berparade sambil mengayunkan bola api besar sebagai simbol mensucikan tahun yang baru. 

Filipina 














Buah-buahan berbentuk bulat selalu disediakan masyarakat Filipina dalam merayakan datangnya tahun baru sebagai representasi kesejahteraan di tahun yang baru. Beberapa penduduk di wilayah Filipina Selatan kerap mengenakan pakaian dengan motif polkadot saat malam tahun baru. 

Sumber: 123

0 komentar:

Posting Komentar