Sabtu, 28 Desember 2013

Vocaloid

Vocaloid, Vocaloid 2 dan Vocaloid 3 adalah aplikasi sintesis suara yang telah dijual secara komersial sejak tahun 2004. Vocaloid dimulai dari konsep sederhana mensintesiskan suara manusia untuk bernyanyi . Hal ini tidak pernah menjadi tugas yang mudah bagi para programer di belakang perangkat lunak, tetapi Vocaloid telah tumbuh menjadi fenomena di seluruh dunia, pemijahan musisi baru, album, dan bahkan konser .

Pemrosesan sinyalnya dikembangkan melalui proyek penelitian bersama yang dipimpin oleh Kenmochi Hideki di Pompeu Fabra University di Barcelona, ​​Spanyol pada tahun 2000 (tim yang sama yang kemudian mendirikan Voctro Labs) dan awalnya tidak dimaksudkan untuk menjadi proyek komersial penuh. Didukung oleh Yamaha Corporation, perangkat lunak tersebut dikembangkan ke dalam produk komersial "Vocaloid". Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensintesis nyanyian dengan mengetikkan lirik dan melodi menggunakan vokal yang direkam khusus oleh aktor suara atau penyanyi. 

Untuk membuat lagu, pengguna harus menginput melodi dan lirik. Jenis piano roll antarmuka digunakan untuk memasukkan melodi dan lirik dapat dimasukkan pada setiap nada. Perangkat lunak ini dapat mengubah tekanan dari pengucapan, tambahkan efek seperti vibrato, atau mengubah dinamika dan nada suara. Setiap Vocaloid dijual sebagai "a singer in a box" dirancang untuk bertindak sebagai pengganti untuk seorang penyanyi yang sebenarnya. 

Perangkat lunak ini awalnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris dimulai dengan Vocaloid yang pertama yaitu Leon, Lola dan Vocaloid Jepang, Miriam, Meiko dan Kaito. Tapi Vocaloid 3 telah menambahkan Vocaloid yang berasal dari Spanyol yaitu Bruno, Clara dan Maika, dari Cina; Luo Tianyi dan Yan Dia dan dari Korea; SeeU. 

Vocaloid menjadi sangat populer di Jepang ketika Crypton Future Media meluncurkan software Hatsune Miku Vocaloid 2, dan keberhasilannya telah meningkatkan popularitas software Vocaloid secara umum. 
Hatsune Miku

Klik di sini  untuk melihat live performance dari Hatsune Miku. 

Hatsune Miku memiliki lebih dari 100.000 lagu dirilis di seluruh dunia, 170.000 upload video di YouTube, lebih dari 900.000 penggemar di Facebook dan sold out konser 3D di seluruh dunia di LA, Taipei, Hong Kong, Singapura, dan. Tokyo. Hatsune Miku juga berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan seperti SEGA, Toyota USA, Google dan banyak lagi. 

Kontroversi
Klik di sini untuk melihat kontroversi yang ditimbulkan dengan adanya Vocaloid (halaman dalam bahasa Inggris).

Meskipun dengan keberhasilan Vocaloid di Jepang, pelanggan di luar negeri masih enggan pada keseluruhan perangkat lunak ini.Meskipun begitu, Crypton Future Media melaporkan bahwa sekitar setengah dari download musik di iTunes Store untuk lagu-lagu dari label Crypton berasal dari pembelian di luar negeri, dengan penjualan mayoritas dari konsumen Amerika. 

Sumber: 123,  


0 komentar:

Posting Komentar