Sabtu, 16 Juni 2012

Membuat Shoutbox pada Wordpress

Saya akan menulis dan berbagi tentang cara membuat Shoutbox (kotak chating). Sebenarnya Shoutbox bisa bekerja di ruang web apapun, untuk blog yang tidak berbayar (gratis) maupun blog yang berbayar. Shoutbox adalah perpaduan yang sempurna untuk buku tamu, forum dan chatting. Shoutbox merupakan cara interaktif bagi pengunjung ke website atau blog anda, karena pengunjung dapat meninggalkan pesan, ucapan atau hal lainnya sebagai salah satu jembatan penghubung antara pemilik blog dan pengunjung. Bahkan sebagian blogger memanfaatkannya untuk berpromosi sekaligus menambah traffic.

Ada beberapa merk ruang chatting yang saya ketahui, diantaranya Shoutbox, Shoutmix, Cbox, Meebo dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya jelaskan kali ini hanyalah Shoutbox.

Pertama-tama kita masuk ke situs yang menyediakan Shoutbox gratis dan Sign Up. Klik disini.
Isi data dengan keterangan sebagai berikut:
  • Name: diisi dengan nama anda atau nama blog anda (sesuka hati). 
  • Theme: memilih tema untuk tampilan shoubox.
  • Category: memilih kategori untuk shoutbox.
  • Size: ukuran lebar dan panjang soutbox.
  • Background: latar belakang tampilan shoutbox.
Klik Continue.

Setelah itu akan tampil Shoutbox Code. Ada 2 kode yang disediakan Shoutbox yaitu Object Embed dan Javascript Embed, pilih Object Embed.
Copy kode Object Embed ke Notepad atau Ms. Word terlebih dahulu. Cari kode yang ada di dalam kotak merah dan pisahkan. Hapus sisanya.


Setelah itu, masuk ke dasbor wordpress anda, pilih Appearance - Widgets. Pada tab Available Widgets, cari widget Text, lalu drag & drop widget tersebut ke tab Sidebar. Isi Title sesuka hati anda, dan isikan kotak dibawahnya dengan kode sesuai gambar. Isikan kode yang bergaris bawah merah dengan kode yang anda pisahkan di langkah sebelumnya. Setelah selesai, klik Save.























Bukalah blog anda. Shoutbox pun telah terpasang. Selamat mencoba!
















NB: Anda dapat memodifikasi panjang (height) dan lebar (width) Shoutbox anda dengan merubah angka/ukuran yang anda inginkan pada kode diatas. Con: merubah width="250" menjadi width="200" atau height="350" menjadi height="320"

0 komentar:

Posting Komentar