Minggu, 31 Mei 2015

AKUNTANSI INTERNASIONAL: DISKUSI

AKUNTANSI INTERNASIONAL

Kelompok 1:
1. Asef Sururi 28211479
2. Emma Noviana D 22211427
3. Mohammad Zakaria 29211361
4. Nicky Raulika Andayani 25211158
5. Shntia Efriyani 26211751

Jawaban Diskusi
1. Jelaskan bagaimana perbedaan akuntansi intrnasional dengan akuntansi domestik?
Perbedaan studi Akuntansi Internasional adalah pada :
a.       Yang dilaporkan adalah perusahaan multinasional (Reported is a multinational company). Perusahaan multinasional yaitu suatu perusahaan yang berbasis di satu negara (negara induk) akan  tetapi perusahaan itu memiliki kegiatan produksi ataupun pemasaran cabang di negara-negara lain (negara cabang). Perusahaan multinasional biasanya memiliki ciri-ciri, yaitu membentuk cabang-cabang di luar negeri, visi dan strategi yang digunakan untuk memproduksi suatu barang bersifat global jadi perusaan tersebut membuat atau menghasilkan barang yang dapat digunakan di semua negara, lebih cenderung memilih kegiatan bisnis tertentu umumnya manufaktur, menempatkan cabang pada negara-negara maju. Contoh perusahaan multinasional, yaitu KFC, Blackberry, LG.
b.      Operasi transaksi melintasi batas-batas negara (Operating transactions across national borders.). Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
c.       Pelaporan ditujukan kepada pengguna yang berlokasi di negara selain negara perusahaan (Reporting addressed to users located in countries other than the company). Transaksi antar perusahaan membutuhkan informasi finansial bagi masing-masing perusahaan yang bersangkutan, untuk melihat adanya asumsi-asumsi akuntansi dan prosedur akuntansi.

2. Akuntansi dapat dianggap memiliki 3 komponen: pengukuran, pengungkapan dan auditing. Apakah keuntungan dan kerugian dari klasifikasi ini? Dapatkah anda menyarankan klasifikasi alternatif yang mungkin berguna?
Keuntungan dan kerugian dari tiga komponen :
a.       Pengukuran
Keuntungan  : Dapat memberikan informasi secara lebih terinci.
Kerugian : Informasi yang diberikan tidak menyeluruh, hanya mencakup profitabilitas dan kekuatan posisi keuangan suatu perusahaan.
b.   Pengungkapan
Keuntungan : Informasi yang diberikan tepat sasaran kepada para pengguna yang diharapkan.
Kerugian : Pengungkapan hanya berpusat pada isu-isu, sehingga belum sesuai dengan fakta yang ada.
c.   Auditing
Keuntungan : Dapat mengevaluasi kesalahan yang terjadi dalam laporan keuangan dan dapat mengetahui kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam suatu perusahaan.
Kerugian : Jika auditing dilakukan oleh auditor internal hasil auditnya kemungkinan subjektif karena dapat mengikuti permintaan manajemen. Dan jika auditing dilakukan oleh auditor eksternal akan membutuhkan biaya yang besar untuk menyewa jasa auditor eksternal.

Saran klasifikasi alternatif yang berguna
Klasifikasi alternatif yang berguna adalah auditing, karena dengan adanya auditing dapat  mengevaluasi kinerja perusahaan dari laporan keuangannya dan apabila terjadi kesalahan dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk kedepannya.

3. Jelaskan faktor-faktor paling mutakhir yang turut berperan dalam proses internasionalisasi dari subjek akuntansi.
Menurut Choi dan Muller (1998; 1) bahwa ada tiga kekuatan utama yang mendorong bidang akuntansi kedalam dimensi internasional yang terus tumbuh, yaitu:
·         Faktor lingkungan
Choi et. al (1998; 36) menjelaskan sejumlah faktor lingkungan yang diyakini memiliki pengaruh langsung terhadap pengembangan akuntansi, antara lain:
a. Sistem Hukum
Kodifikasi standar-standar dan prosedur-prosedur akuntansi kelihatannya alami dan cocok dalam negara-negara yang menganut code law. Sebaliknya, pembentukan kebijakan akuntansi yang non legalistis oleh organisasi-organisasi professional yang berkecimpung dalam sektor swasta lebih sesuai dengan sistem yang berlaku di negara-negara hukum umum (common law).
 b. Sistem Politik
Sistem politik yang ada pada suatu negara pun ikut mewarnai akuntansi, karena sistem politik tersebut “mengimpor” dan “mengekspor” standar-standar dan praktik-praktik akuntansi.
c. Sifat Kepemilikan Bisnis
Kepemilikan publik yang besar atas saham-saham perusahaan menyiratkan prinsip-prinsip pelaporan dan pengungkapan akuntansi keuangan yang berbeda dengan perusahaan-perusahaan yang kepemilikannya didominasi oleh keluarga atau bank.
d. Perbedaan Besaran dan Kompleksitas Perusahaan-Perusahaan Bisnis
Perusahaan konglomerasi besar yang beroperasi dalam lini bisnis yang sangat beragam membutuhkan teknik-teknik pelaporan keuangan yang berbeda dengan perusahaan kecil yang menghasilkan produk tunggal. Perusahaan-perusahaan multinasional juga membuthkan sistem akuntansi yang berbeda dengan sistem akuntansi perusahaan-perusahaan domestik.
e. Iklim Sosial
Iklim sosial turut memberikan sumbangan dalam pengembangan akuntansi di berbagai belahan dunia.
f. Tingkat Kompetensi Manajemen Bisnis Dan Komunitas Keuangan
Kompetensi atau kemampuan manajemen bisnis dan pengguna dari output akuntansi akan sangat menentukan perkembangan akuntansi.
g. Tingkat Campur Tangan Bisnis Legislatif
Regulasi mengenai perpajakan mungkin memerlukan prinsip-prinsip akuntansi tertentu.
h. Ada Legislasi Akuntansi tertentu
Dalam beberapa kasus, terdapat peraturan legislative khusus untuk aturan-aturan dan teknik-teknik akuntansi tertentu.
i. Kecepatan Inovasi Bisnis
Semula, kegiatan merger dan akuisisi tidak diperhitungkan secara akuntansi, namun karena penggabungan bisnis yang begitu popular di eropa memaksa akuntansi turut berkembang untuk memenuhi kebutuhan dari mereka yang berkepentingan.
 j. Tahap pembangunan Ekonomi
Negara yang masih mengandalkan ekonomi pertanian membutuhkan prinsip-prinsip akuntansi yang berbeda dengan negara industri maju.
k. Pola pertumbuhan Ekonomi
Kondisi perekonomian yang stabil mendorong peningkatan persaingan memperebutkan pasar-pasar yang ada sehingga memerlukan suatu pola akuntansi yang stabil dan akan jauh berbeda pada negara yang kondisinya sedang mengalami perang berkepanjangan.
l. Status Pendidikan dan Organisasi Profesional
Karena ketiadaan profesionalisme akuntansi yang terorganisir dan sumber otoritas akuntansi local suatu negara, standar-standar dari area lain atau negara lain mungkin digunakan untuk mengisi kekosongan tersebut.
·         - Internasionalisasi dari disiplin akuntansi
·         - Internasionalisasi dari profesi akuntansi.

4. Deskripsikanlah dalam dua paragraf pendek bagaimana kegiatan investasi langsung luar negeri berbeda dengan perdagangan internasional dan kemudian deskripsikanlah bagaimana dampak dari perbedaan tersebut bagi akuntansi.
Arah perdagangan internasional antara lain (1) ekspor dari negara industri ke negara berkembang dengan imbalan bahan mentah, (2) ekspor dari negara berkembang ke negara maju, (3) ekspor dari perekonomian maju mengarah ke negara industri. Sedangkan investasi langsung luar negeri, ialah investasi dimana investor berpartisipasi dalam manajemen perusahaan selain mendapatkan laba atas uang mereka.
Adanya isu-isu akuntansi internasional di sebabkan terjadi nya transaksi/perdagangan secara internasional. Investasi asing langsung (FDI) adalah bagian dari isu-isu akuntansi internasional. FDI (Foreign Direct Investment) atau investasi langsung luar negeri adalah dimana sebuah perusahaan dari satu negara menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara lain. Perusahaan yang ada di negara asal (biasa disebut ‘home country’) bisa mengendalikan perusahaan yang ada di negara tujuan investasi (biasa disebut ‘host country’) baik sebagian atau seluruhnya, caranya dengan si penanam modal membeli perusahaan di luar negeri yang sudah ada atau menyediakan modal untuk membangun perusahaan baru di sana atau membeli sahamnya sekurangnya 10%.
FDI menciptakan dua isu utama:
·         - Kebutuhan untuk mengkonversi dari lokal ke US GAAP sejak pencatatan akuntansi biasanya disusun dengan menggunakan GAAP lokal.
·         - Kebutuhan untuk menerjemahkan dari mata uang lokal ke dolar AS sejak catatan akuntansi biasanya disusun dengan menggunakan mata uang lokal.

5. Berdasarkan warisan akuntansi yang bersifat internasional, menurut Anda apakah usaha-usaha untuk mengharmonisasikan standar akuntansi merupakan sesuatu yang baik? Mengapa atau mengapa tidak?
Harmonisasi merupakan proses untuk meningkatkan kompatibilitas (kesesuaian) praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam. Menurut kami, usaha untuk mengharmonisasikan standar akuntansi adalah sesuatu yang baik, dan Indonesia perlu melakukan harmonisasi standar akuntansi international untuk memudahkan perusahaan asing yang akan menjual saham dinegara ini atau sebaliknya, terutama untuk perusahaan publik. Hal ini dikarenakan perusahaan publik merupakan perusahaan yang melakukan transaksi bukan hanya nasional tetapi juga secara internasional. Jika terjadi jual beli saham di Indonesia atau sebaliknya, tidak akan lagi dipersoalkan perbedaan standar akuntansi yang dipergunakan dalam penyusunan laporan.

6. Mengapa masalah-masalah akuntansi internasional makin penting dan rumit dalam tahun-tahun belakangan?
Karena dalam tahun-tahun belakangan ini, investasi dan pendanaan pembiayaan di warnai oleh implikasi-implikasi internasional. Saat ini akuntansi telah berkembang pada tahap kedewasaan menjadi suatu aspek integral dari bisnis dan keuangan global. Akuntansi internasional menjadi semakin penting karena tumbuhnya kekuatan ekonomi di  Amerika Serikat yang pada akhirnya muncul semakin banyaknya perusahaan multinasional (multinational corporation) atau MNC yang beroperasi di berbagai negara  dan tumbuhnya di bidang produksi, pengembangan produk, pemasaran dan distribusi. Di samping itu pasar modal juga tumbuh pesat yang ditunjang dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sehingga memungkinkan transaksi di pasar modal internasional berlangsung secara real time basis, dan operasi transaksi melintasi batas-batas Negara dan juga pelaporan di tunjukkan kepada pengguna yang berlokasi di Negara selain Negara perusahaan. Dan tahun-tahun belakangan ini akuntansi internasional semakin rumit karena terdapat perbedaan-perbedaan dalam budaya, praktik bisnis, struktur politik dan perundang-undangan, sistem hukum, nilai mata uang, tingkat inflasi lokal, resiko bisnis, dan hukum pajak seluruhnya. 

7. Identifikasikan berbagai permasalahan internal dan eksternal yang muncul ketika bisnis dan investasi melampaui batas-batas multinasional negara.
Bisnis internasional menimbulkan saling ketergantungan ekonomi antarnegara, yang pada akhirnya berpengaruh pada: (1) Operasional perusahaan multinasional yang semakin mengglobal, meliputi pengembangan produk, produksi, dan marketing. Transfer teknologi menjadi faktor penting pada operasi global. (2) Pasar Global yang mengglobal, memberi kesempatan bagi investor & kreditor untuk melakukan aktivitas financing yang mendunia.

Perdagangan dan investasi internasional menimbulkan beberapa permasalahan baru, di antaranya:
a. Transaksi mata uang asing.
b. Translasi mata uang asing.
c. Pajak untuk operasi internasional.
d. Konsolidasi laporan keuangan dengan subsidiary dan afiliasi.
e. Transfer pricing.
f. Comparative disclosure.

8. Jelaskanlah istilah pasar modal (global capital markets). Apakah jenis instrumen keuangan lainnya yang diperdagangkan dalam pasar ini? Seberapa pentingkah pasar modal global dalam perekonomian dunia?
Pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal/dana. Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta.
 Jenis instrumen keuangan lainnya yang diperdagangkan dalam pasar modal global:
·         - Waran
·         - Sertifikat danareksa
·         - Right
·         - Opsi
Pasar modal memberikan peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal memberikan dua fungsi sekaligus, fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi ekonomi karena pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer). Dengan adanya pasar modal maka perusahaan publik dapat memperoleh dana segar masyarakat melalui penjualan Efek saham melalui prosedur IPO atau efek utang (obligasi).
Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan, karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Jadi diharapkan dengan adanya pasar modal aktivitas perekonomian menjadi meningkat karena pasar modal merupakan alternatif pendanaan bagi perusahaan-perusahaan untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan pada akhirnya memberikan kemakmuran bagi masyarakat yang lebih luas.

9. Beberapa pihak mendukung bahwa satu bahasa tunggal yang diucapkan secara luas digunakan sebagai bahasa akuntansi internasional yang resmi. Tuliskanlah pernyataan yang terdiri dari dua paragraf yang mendukung pemilihan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.
Karena di dalam lingkup peran akuntansi internasional terhadap kegiatan perdagangan Internasional yang bersumber dari berbagai negara yang ada di dunia baik itu ekspor, impor maupun perusahaan cabang di luar negeri membutuhkan suatu alat komunikasi yang dapat dilihat, dibaca ataupun dipahami oleh seluruh praktisi perdagangan internasional. Bahasa inggris juga merupakan bahasa Internasional yang digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam lingkup multinasional. Oleh sebab itu digunakanlah bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dikenal oleh semua Negara dan bahasa inggris dapat digunakan dimana saja.

10. Pasar modal sering dikelompokkan menjadi 2 kategori, yang berada di negara-negara maju dan yang berada di negara-negara pasar berkembang. Berikan definisi negara pasar maju dan berkembang. Bursa efek manakah yang ada dalam tampilan 1-3 yang terdapat di negara pasar berkembang? Karateristik apakah yang sama dari mereka?
Negara pasar maju adalah negara yang sektor perindustriannya meningkat pesat, memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas, mampu mengelola sumber daya alam dengan baik. Dan memiliki kemajuan dibidang pengetahuan dan teknologi (IPTEK).  Negara pasar berkembang adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan dan mengkategorikan negara-negara di dunia yang memiliki standar hidup relatif rendah, sektor industri yang kurang berkembang, skor Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada tingkat menengah ke bawah, serta rendahnya pendapatan perkapita.
Bursa efek negara pasar berkembang:
·         Chile                : www.bolsadesantiago.com
·         Colombia         : www.bolsabogota.com.co
·         India                : www.nseindia.com
·         Indonesia        : www.jsx.co.id
·         Iran                  : www.tse.or.ir
·         Yordania         : www.access2arabia.com/AFM/
·         Malaysia          : www.klse.com.my
·         Pakistan           : www.lse.brain.net.pk
·         Peru                 : www.bvl.com.pe
·         Filipina            : www.pse.org.ph
·         Thailand          : www.set.or.th

11. Appendiks 1-1 menunjukkan bahwa diantara tahun 1973 dan 1996 pemerintah nasional dikebanyakan negara menjual saham di lembaga keuangan milik negara kepada lembaga non pemerintah. Jelaskan bagaimana privatisasi ini memengaruhi pasar modal serta sistem akuntansi dalam perusahaan-perusahaan tersebut.
Privatisasi adalah pengalihan aset yang sebelumnya dikuasai oleh negara menjadi milik swasta. Privatisasi yang berarti menjual perusahaan negara kepada swasta dapat membantu terciptanya perluasan kepemilikan saham, sehingga diharapkan akan berimplikasi pada perbaikan distribusi pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan jika terjadi privatisasi, maka itu akan memberikan dampak terhadap perusahaan. Sudah pasti sistem akuntansi yang dianut perusahaan tersebut harus memakai sistem akuntansi yang sesuai dengan standar sistem akuntansi internasional agar setiap laporan yang dihasilkan oleh sistem akuntansi tersebut sesuai dengan standar yang berlaku secara global.

12. Kegiatan outsourcing (alih kontrak atau pembelian dari luar negeri), khususnya dari pemasok yang berlokasi di luar negeri, telah menjadi isu politik yang sensitif, khususnya akhir-akhir ini di Amerika Serikat. Menurut pendapat anda, apakah argumen ini berdasar? Apakah akibat dari perdebatan ini terhadap akuntansi internasional?

Perdebatan ini dapat berakibat mundurnya kerjasama antar persahaan atau bahkan melonggarkan hubungan baik antar negara. Hal ini bisa berujung pada berkurangnya impor yang diterima atau ekspor yang dikirim, dan dapat memicu permasalahan ekonomi internasional.


JAWABAN LATIHAN

Nomor 1
Lihatlah kembali Tampilan 1-1, di mana menjelaskan mengenai proses outsourcing untuk produksi HP dari Proliant ML 150. Identifikasikan beragam akuntansi dan permasalahan terkait yang mungkin terjadi untuk setiap bagian dari rantai produksi.
Jawab : dalam rantai produksi di negara Cina dan India, Proliant ML 150 akan lebih efisien dalam memproduksi H-P, karena biaya tenaga kerja di kedua negara tersebut yang terlampau murah. Sedangkan dalam rantai produksi di negara Singapura dan Australia, biaya produksi yang dikeluarkan cukup tinggi tetapi itu akan sebanding dan juga menguntungkan karena di negara tersebut lebih dekat dengan sasaran pelanggan.

Nomor 2
A. Negara-negara yang terlihat paling menerima investor : Jepang, Perancis, Italia, Australia, Selandia Baru, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Argentina, Chile, Kolombia, Meksiko, Peru, Venezuela, Mesir, Israel, Maroko, Turki, Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Sri Langka.
B. Negara-negara yang menerima investor, tetapi pengendalian resiko terlihat menjadi non-zero : Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Singapura, Brasil, Afrika Selatan.
C. Negara yang menurut Anda tidak tertarik pada saat ini : Kanada dan Hongkong.

Nomor 3
Hitung tingkat pertumbuhan tahunan ganda dari perdagangan barang dagang versus perdagangan dunia dalam jasa. Apa implikasi yang anda temukan atas akuntansi sebagai aktivitas jasa?
 
Dalam tampilan 1-2, Perdagangan jasa mendapatkan keuntungan yang lebih signifikan dan berkembang dengan tingkat yang lebih cepat daripada perdagangan barang.

Nomor 4
Periksa lima situs Web dari Apendiks 1-2 yang anda rasa paling menarik bagi perusahaan asing yang terdaftar. Dari yang telah dipilih, transaksi manakah yang terbukti paling populer selama dua tahun terakhir? Lengkapilah pengamatan anda dengan penjelasan-penjelasan yang memadai.

www.IDX.co.id
TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan asal Indonesia, PT Kreasindo Resources Indonesia, menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asal Iran, Nakhle Barani Pardis Co, untuk kesepakatan jual-beli extra heavy crude serta pembangunan kilang. "Dengan nilai investasi lebih dari US$ 3 miliar," kata Wakil Ketua Komite Timur Tengah dan Konferensi Negara Organisasi Islam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rudi Radjab, dalam konferensi pers, Selasa, 11 Februari 2014.

Nomor  5
Apakah pola geografis dari ekspor barang dagangan yang termuat pada tampilan 1-2 secara memadai berkorelasi dengan pola distribusi penjualan Heineken secara geografis sebagaimana terdapat dalam tampilan 1-3? Dari pengamatan tersebut, apakah yang dapat menjelaskan berbagai perbedaan yang ada?
Pola geografis dari ekspor barang dagangan pada tampilan 1-2 berkorelasi dengan pola distribusi penjualan Heineken dalam tampilan 1-3. Salah satu faktor geografis adalah lokasi pabrik Heineken yang berada di Belanda, sehingga perusahaan lebih banyak mengekspor produknya di negara-negara Eropa. Hal ini menghemat biaya distribusi dan memudahkan dalam transaksi dikarenakan persamaan mata uang (Euro), dan juga meminimalisir kerugian nilai tukar kurs.

Nomor 6
Lihatlah kembali tampilan 1-6 dan perlihatkanlah bagaimana statistik ROE sebesar 7,1% dan 6,2% untuk tahun 2005 diperoleh. Manakah yang menunjukkan kinerja pengukuran yang lebih baik untuk digunakan ketika membandingkan kinerja Electrolux dengan kinerja Maytag, induk perusahaan Hoover, yang membuat pembersih lantai dan produk aplikasi rumah tangga lainnya?
Dilihat dari statistik bahwa perusahaan Electrolux lah yang lebih baik kinerjanya, dibandingkan perusahaan lain. Karena Electrolux merupakan produsen rumah tangga terkemuka di dunia yang sangat mengerti kebutuhan konsumen dan dikembangkan dalam kolaborasi erat dengan para profesional. Electrolux juga berupaya memastikan bahwa semua produk, layanan, dan produksinya memberi sumbangan bagi pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu desain produk diarahkan agar mengurangi dampak lingkungan buruk sepanjang usia pakai produk, sementara sumber daya dan konsumsi energi, limbah, serta pencemaran dipantau secara teratur untuk peningkatan.

Nomor 7
Ketentuan pelaporan keuangan emiten di Tokyo Stock Exchange (TSE)
Bursa Saham Tokyo (Tokyo Stock Exchange, 'TSE') adalah bursa yang terletak di Tokyo, Jepang. Pembukuan dan laporan keuangan Jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestik dan internasional. Dua agensi pemerintahan yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi, dan terdapat pengaruh yang lebih jauh lagi dari undang-undang pajak penghasilan perusahaan Jepang. Bentuk bisnis keiretsu telah ditransformasikan saat Jepang alih perbaikan struktural untuk menggerakkan stagnasi ekonomi yang dimulai pada tahun 1990-an.
 B.     Laporan Keuangan Akuntansi
            Perusahaan yang bergabung di bawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat rapat para pemegang saham, yang isinya antara lain:
1.      Neraca
2.      Laporan laba rugi
3.      Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
4.      Laporan bisnis
5.      Jadwal terkait

Nomor 8
Pilihlah 2 dari bursa efek yang terdapat dalam apendiks 1-2. Jelajahilah situs web tersebut dalam jenis dan kualitas informasi yang disajikan dan kemudahan penggunaan situs web tersebut. Apakah informasi pers dari perusahaan emiten tersedia dalam bahasa inggris? Bagaimana hubungan dengan situs web perusahaan emiten? Ketentuan pencatatan saham? Data harga dan volume sekuritas yang tercatat? Informasi yang membantu bagi investor?
-          Japan Exchange Group (www.jpx.co.jp)
Website Japan Exchange Group memiliki tampilan yang user friendly, dengan menu tetang informasi Market News, Data & Statistic, Listed Companies, Equities, Derivatives, Rules & Trading Participans, Systems, Self Regulation dan Clearing & Settlement yang langsung terlihat di menu awal sangat memudahkan bagi pengguna. Situs ini selain dalam bahasa Jepang juga terdapat dalam bahasa Inggris. Terdapat informasi harga saham dan berita-berita terkait saham perusahaan-perusahaan Jepang yang sangan informatif bagi pengguna.
-          Athens Exchange Group (www.ase.gr berubah menjadi www.helex.gr )
Website Athens Exchange Group tersedia dalam bahasa Yunani maupun Inggris. Situs ini tersusun rapi dengan drop down menu yang berisi informasi tentang Markets, Products, Companies, Information, Operations, Service dan Regulatory yang sangat terinci yang terbuka. Di situs ini juga menginformasikan harga saham terkini dan informasi Press Releases maupun Company Announcement. Sangat berguna bagi pengguna. 

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
    berikan 4 angka [0572] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 970 JUTA , wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
    butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


    ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


    ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



    ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



    ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D

    BalasHapus