Selasa, 19 November 2013

Timnas U-19 Memberi Harapan Indonesia

Kesuksesan Evan Dimas dan kawan-kawan memang merupakan sejarah baru. Dalam sepuluh kali perhelatan Piala AFF U-19, baru tahun ini Indonesia tampil sebagai juara. Prestasi ini melampau para seniornya, yang tanpa gelar di Piala AFF senior. Prestasi tertinggi timnas senior hanya sebagai tim nyaris juara atau runner-up pada AFF 2000, 2002, dan 2004, dan terakhir 2010.


Di level senior, memang prestasi Timnas terpuruk sejak terakhir meraih medali emas SEA Games 1991 atau 22 tahun silam. Pada 2008 di ajang Piala Kemerdekaan, memang Timnas berhasil tampil sebagai juara, namun hal itu diperoleh sekaligus dinodai dengan mundurnya sang lawan, Libia, sehingga Indonesia menang WO. Jadi secara prestasi, medali emas SEA Games 1991 lah yang bisa dibanggakan Indonesia. Padahal satu dua dasawarsa lalu, Indonesia bisa dikatakan sebagai salah satu macan Asia yang cukup disegani. Selain emas SEA Games 1991, dan 1987, timnas menjuarai Piala Kemerdekaan 2000 dan 1987, atau Merdeka Games Cup pada 1961, 1962, dan 1969.



Berbeda dengan tim senior, prestasi timnas junior baik U-21, U-19, U-18, U-17, maupun timnas pelajar, cukup mengilat beberapa tahun terakhir ini. Setelah timnas junior menjuarai Piala Sultan Hassanal Bolkiah pada 2002, timnas U-17 menjadi jawara Piala Hong Kong Football Association (HKFA) 2013, dan timnas U-18 yang juga diasuh pelatih timnas U-19 Indra Syafri memenangi Piala HKFA 2013, dan paling mutakhir tampilnya timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 2013.



Rentetan prestasi timnas junior ini membuka kembali harapan Indonesia untuk tampil di pentas dunia, yakni dengan target terdekat Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia, lima tahun mendatang. Rasanya impian tersebut bukanlah hal yang muluk. Dengan potensi pemain dari Sabang sampai Merauke, Badan Tim Nasional (BTN) tak akan kesulitan untuk mencari 11 pemain terbaik yang akan masuk starting eleven. Apalagi saat ini, timnas sudah mempunyai modal kuat pada diri para pemain timnas U-19. PSSI pun masih punya amunisi lain dari program Sociedad Anonima Deportivo (SAD) yang berkompetisi di liga junior Uruguay sejak 2008 lalu.



Sudah saatnya pembinaan pemain usia muda mendapatkan prioritas ketimbang mengejar prestasi instan lewat naturalisasi.



Bolehlah berkaca pada keberhasilan Singapura meraih juara piala AFF 2004 dengan materi pemain naturalisasi atau keberadaan Mauro Camoranesi sebagai pemain naturalisasi dalam skuad Italia yang menjuarai piala dunia 2006, tapi jangan pula melupakan bahwa keberhasilan Malaysia menjuarai piala AFF 2010 terasa “lebih manis” rasanya dan bagaimana Italia di piala dunia selanjutnya tidak sanggup lolos dari fase grup karena kekurangan amunisi penerus yang muda dan berkualitas.



Tengoklah kesabaran Spanyol memupuk prestasi dengan pembinaan usia muda yang sebagian besar datang dari akademi La Masia Barcelona. Iniesta, Xavi, Puyol, Busquest dipadukan dengan talenta lain seperti Fabregas, Torres dan Villa secara konsisten meraih juara Euro 2008 dan 2012 dengan diselingi juara piala dunia 2010. Di saat generasi emas ini belum selesai memberi prestasi, sederet junior berkualitas seperti Thiago Alcantara, Morata, De Gea dan Javi Martinez menunggu kesempatan masuk di tim senior.



Evan Dimas dkk boleh dikatakan sebagai generasi emas sepakbola Indonesia. Mereka adalah pemutus dahaga gelar Indonesia di turnamen internasional sejak tahun 1991, waktu yang sangat lama. Bolehlah kita berharap bahwa timnas U 19 bukanlah timnas primavera yang mampu melahirkan kualitas macam Kurniawan Julianto, Aples Tecuari dan Bimasakti namun secara team tidak mampu memberikan sumbangsih gelar.


Timnas U 19 jangan sampai mengikuti jejak timnas primavera yang menjanjikan talenta-talenta berbakat yang lalu tidak mampu berbicara banyak karena “salah asuh” dari pemegang otoritas pembinaan sepakbola di negeri ini.


Kita tentu tidak ingin Evan Dimas, Maldini Pali, Ravi Murdianto dan rekan-rekannya dikenang “hanya” sebagai juara AFF U 19 yang mengalahkan Korsel untuk melaju ke Piala Asia U 19 2015. Kita ingin agar Evan Dimas dkk dikenang sebagai timnas Indonesia “murni” pertama (bukan timnas yang membawa nama Hindia Belanda) yang mampu tampil dan menghibur di pentas piala dunia.



Harapan kesana tidaklah salah, terlebih bila melihat aksi anak-anak muda ini yang mampu memperagakan sepakbola menghibur ala Barcelona. Harapan yang harus terus dijaga sambil menjaga anak-anak muda yang memanggul harapan jutaan rakyat Indonesia ini tetap memiliki antuasiasme dan nasionalisme nan militan seperti yang mereka tunjukkan saat menekuk Korsel.



Kalau sudah demikian, kita berharap satu saat nanti bisa melihat Evan Dimas dkk bersujud syukur di tengah lapangan pertandingan piala dunia. Semoga dan amin.

Referensi: Link 1Link 2

0 komentar:

Posting Komentar