AKUNTANSI INTERNASIONAL
Kelompok 1:
1. Asef Sururi 28211479
2. Emma Noviana D 22211427
3. Mohammad Zakaria 29211361
4. Nicky Raulika Andayani 25211158
5. Shntia Efriyani 26211751
·
STANDAR AKUNTANSI DI
SINGAPURA
Di Singapura, standar
akuntansi dikenal sebagai Singapore Pelaporan Standar Akuntansi Keuangan (SFR)
dan didasarkan pada IFRS. Semua perusahaan dengan periode keuangan yang dimulai
pada atau setelah tanggal 1 Januari 2003 memiliki mematuhi SFRs.
Akrual berbasis
akuntansi adalah salah satu pelaku utama dari standar akuntansi Singapura.
Laporan keuangan disusun atas dasar akrual. Di bawah dasar ini, pengaruh
transaksi dan peristiwa lainnya diakui ketika mereka terjadi (dan bukan sebagai
kas atau setara kas diterima atau dibayar) dan mereka dicatat dalam catatan
akuntansi dan dilaporkan dalam laporan keuangan periode yang berhubungan .
Laporan keuangan yang disusun atas dasar akrual menginformasikan pengguna tidak
hanya transaksi masa lalu yang melibatkan pembayaran dan penerimaan kas tetapi
juga kewajiban untuk membayar tunai di masa depan dan sumber daya yang
merupakan kas yang akan diterima di masa depan.
Secara keseluruhan
standar akuntansi di Singapura mengandung sekitar 39 standar yang berbeda
dengan masing-masing dinamakan sebagai standar FRS X misalnya FRS 1. Setiap
standar mencakup topik tertentu seperti penyajian laporan keuangan, pengakuan
pendapatan, akuntansi untuk persediaan, dan sebagainya.
·
SINGAPURA STANDAR
AKUNTANSI UNTUK BADAN KECIL
Dalam dunia yang terus
berubah dan menuntut, standar akuntansi semakin menjadi lebih kompleks. Hal ini
membuatnya lebih dan lebih sulit bagi usaha kecil untuk merasa yakin bahwa
mereka berada dalam kepatuhan. Mengikuti SFRs penuh sulit bagi entitas ukuran
kecil dan menengah (UKM), karena mereka menemukan persyaratan untuk menjadi
beban pada sumber daya yang berharga kecil mereka. Seperti di banyak negara
lain, UKM merupakan bagian terbesar dari perusahaan yang beroperasi di
Singapura.
Sebagai ukuran untuk
mengatasi kebutuhan spesifik dari internasional UKM IASB mengeluarkan IFRS
khusus untuk UKM pada tahun 2009. Setelah ini, Dewan Standar Akuntansi (ASC)
dari Singapura juga mengumumkan penerbitan Singapore Financial Reporting
Standard (SFR) untuk Entitas Kecil pada November 2010.
Para SFRs untuk Entitas
Kecil merupakan kerangka alternatif SFRs penuh untuk entitas yang memenuhi
syarat di Singapura. SFRs untuk SE berkaitan erat dengan IFRS untuk Entitas
Kecil, dan itu dikeluarkan setelah berkonsultasi rumit dengan stakeholder. Ini
memberikan standar pelaporan keuangan opsional untuk entitas kecil untuk
melaporkan periode yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2011.
Tujuan dari SFRs untuk
SE adalah untuk memberikan beberapa bantuan kepada entitas kecil dari sesuai
dengan SFRs penuh sambil memastikan kualitas, transparansi dan komparatif, yang
dapat bermanfaat bagi komunitas investasi dan pengguna laporan keuangan
lainnya.
Sebuah perusahaan
Singapura yang didirikan atau cabang Singapura perusahaan asing yang memenuhi
syarat untuk menerapkan SFRs untuk SE disediakan -Hal ini tidak akuntabel ini
menerbitkan tujuan umum laporan keuangan untuk pengguna eksternal ini adalah
entitas kecil. Entitas memenuhi syarat sebagai entitas kecil jika memenuhi
setidaknya dua dari tiga kriteria berikut:
Jumlah pendapatan
tahunan tidak lebih dari S $ 10.000.000
Jumlah aset bruto tidak
lebih dari S $ 10.000.000
Total jumlah karyawan
tidak lebih dari 50
Harus dicatat bahwa SFRs
untuk SE berlaku efektif sejak 1 Januari 2011 dan dalam rangka memenuhi
persyaratan untuk SFRs disederhanakan, suatu entitas harus memenuhi kriteria
untuk masing-masing dua tahun sebelumnya berturut-turut. Sebuah entitas yang
memenuhi syarat di bawah kriteria dapat mematuhi standar sampai jatuh keluar
dari ambang ukuran untuk dua periode pelaporan berturut-turut dan dalam kasus
seperti itu perusahaan harus mengikuti SFRs penuh.
Sampai saat ini semua
entitas terdaftar di Singapura terlepas dari ukuran yang mengikuti SFRs penuh.
Sekarang ada SFRs terutama untuk entitas kecil, perusahaan yang memenuhi syarat
untuk standar baru harus mempertimbangkan beberapa poin penting sebelum
mengadopsi SFRs untuk SE. Perusahaan juga harus meninjau rencana pertumbuhan
mereka dan sifat usaha mereka sebelum penerapan standar tersebut. Beberapa
masalah yang perlu diteliti adalah Transisi biaya - biaya pelatihan, sistem
akuntansi dan perangkat lunak, Masa Depan rencana - Rencana untuk IPO,
kemungkinan bisnis melebihi ambang batas ukuranKelompok pertimbangan - dampak
terhadap perusahaan pemegang Pembiayaan - Lembaga keuangan dan pemberi pinjaman
mencari pernyataan penuh SFRs.
Perusahaan marjinal yang
berada di ambang melanggar ambang ukuran akan lebih baik mengikuti SFRs penuh
daripada terombang-ambing antara standar. Demikian juga, perusahaan yang
terbiasa dengan SFRs penuh, mereka milik kelompok atau dimiliki oleh perusahaan
induk yang mengikuti SFRs penuh dan perusahaan, yang akan terpengaruh secara
negatif oleh pengobatan beberapa elemen akuntansi di bawah versi sederhana,
harus menahan diri dari mengadopsi SFRs untuk SE.
Singkatnya SFRs
disederhanakan untuk entitas kecil akan ideal untuk perusahaan startup dan
perusahaan yang menemukan masalah dengan SFRs penuh dan perusahaan-perusahaan
yang laporan keuangannya tidak digunakan oleh pihak eksternal.Set lengkap
Standar Akuntansi Singapura tersedia di Standar Akuntansi Dewan Singapura.
Pada dasarnya standar
akuntansi merupakan pengumuman atau ketentuan resmi yang dikeluarkan badan
berwenang di lingkungan tertentu tentang pedoman umum yang dapat digunakan
manajemen untuk menghasilkan laporan keuangan. Dengan adanya standar akuntansi,
laporan keuangan diharapkan dapat menyajikan informasi yang relevan dan
dapat dipercaya kebenarannya. Standar akuntansi juga digunakan oleh pemakai
laporan keuangan seperti investor, kreditor, pemerintah, dan masyarakat umum
sebagai acuan untuk memahami dan menganalisis laporan keuangan sehingga
memungkinkan mereka untuk mengambil keputusan yang benar. Dengan demikian,
standar akuntansi memiliki peranan penting bagi pihak penyusun dan pemakai
laporan keuangan sehingga timbul keseragaman atau kesamaan interpretasi atas
informasi yang terdapat dalam laporan keuangan.
Secara garis besar ada
empat hal pokok yang diatur dalam standar akuntansi. Yang pertama berkaitan
dengan definisi elemen laporan keuangan atau informasi lain yang berkaitan.
Definisi digunakan dalam standar akuntansi untuk menentukan apakah transaksi
tertentu harus dicatat dan dikelompokkan ke dalam aktiva, hutang, modal,
pendapatan dan biaya. Yang kedua adalah pengukuran dan penilaian. Pedoman ini
digunakan untuk menentukan nilai dari suatu elemen laporan keuangan baik pada
saat terjadinya transaksi keuangan maupun pada saat penyajian laporan keuangan
(pada tanggal neraca). Hal ketiga yang dimuat dalam standar adalah pengakuan,
yaitu kriteria yang digunakan untuk mengakui elemen laporan keuangan sehingga
elemen tersebut dapat disajikan dalam laporan keuangan. Yang terakhir adalah
penyajian dan pengungkapan laporan keuangan. Komponen keempat ini digunakan
untuk menentukan jenis informasi dan bagaimana informasi tersebut disajikan dan
diungkapkan dalam laporan keuangan. Suatu informasi dapat disajikan dalam badan
laporan (Neraca, Laporan Laba/Rugi) atau berupa penjelasan (notes) yang
menyertai laporan keuangan.
Di Singapura adopsi penuh
Standar Akuntansi Internasional tidaklah menjadi masalah. Regulator di negara
ini telah meminta perusahaan di Singapura untuk mengikutiSingapore Reporting
Standards (FRS) mulai 1 Januari 2003 dan FRS sendiri diadopsi dari AIS.
Sampai April 2005 Singapura telah mengadopsi semua Standar Akuntansi Keuangan
yang dikeluarkan oleh IASB, kecuali AIS No.40 tentang Investment Property,
yang direvisi oleh IASB dan berlaku pada 1 Januari 2005, sehingga untuk hal
tersebut Dewan Standar Singapura memberlakukan secara efektif pada 1 Januari
2007.
Singapore Standar
Pelaporan Keuangan (FRSs) adalah standar akuntansi yang diatur dalam Singapore
Companies Act. Para FRSs yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi (ASC),
yang dibentuk oleh Departemen Keuangan. Perusahaan asing tercatat di bursa efek
Singapura mungkin menyiapkan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi
tertentu yang diakui secara internasional seperti SAK. The FRSs erat model
setelah SAK, dengan modifikasi tertentu untuk tanggal efektif dan ketentuan
transisi, persyaratan pengukuran terhadap sifat kembali sebelum suatu tanggal
tertentu, dan kriteria pengecualian untuk konsolidasi, akuntansi ekuitas atau
konsolidasi proporsional.
·
Faktor – Faktor Yang
Mempengaruhi Perkembangan Akuntansi Internasional :
Standar dan praktik akuntansi di
setiap negara, merupakan hasil dari interaksi yang kompleks diantara faktor
ekonomi, sejarah, kelembagaan, dan budaya. Di bawah ini, akan dibahas
mengenai delapan faktor yang mempengaruhi perkembangan akuntansi. Diantaranya;
sumber pendanaan, sistem hukum, perpajakan, ikatan politik dan ekonomi,
inflasi, tingkat perkembangan ekonomi, tingkat pendidikan, dan budaya.
Penjelasannya adalah sebagai berikut :
1. Sumber
pendanaan
Sebelum
merdeka tahun 1965, Singapura adalah pelabuhan dagang yang beragam dengan PDB per kapita $511, tertinggi ketiga di Asia Timur pada saat itu. Setelah merdeka, investasi
asing langsung dan usaha pemerintah untuk industrialisasi berdasarkan rencana bekas Deputi Perdana Menteri Dr. Goh Keng Swee membentuk ekonomi Singapura saat ini, Economist Intelligence Unit dalam
"Indeks Kualitas Hidup" menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik
di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia.
Pada dasarnya merupakan satu negara
tersendiri yang menitikberatkan kepada ekonomi berorientasi ekspor, dimana
peran pemerintah dalam mendukung pembiayaan pembangunan sangatlah besar.
Sebagai sebuah negara, Kota Singapura memiliki konsistensi pertumbuhan ekonomi
tingkat tinggi (rata-rata 11%), neraca pembayaran surplus, tingkat penanaman
modal asing yang tinggi, cadangan devisa yang besar dan utang luar negeri yang
minimal.Setelah PDB-nya berkurang -6.8% pada kuartal
ke-4 tahun 2009, Singapura mendapatkan gelar pertumbuhan ekonomi tercepat di
dunia, dengan pertumbuhan PDB 17.9% pada pertengahan pertama 2010.
Singapura
memiliki ekonomi pasar yang sangat maju,
yang secara historis berputar di sekitar perdagangan entrepĂ´t. Bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan,
Singapura adalah satu dari Empat Macan Asia. Ekonominya sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor,
khususnya di bidang manufaktur yang mewakili 26% PDB Singapura tahun 2005 dan
meliputi sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik
dan ilmu biomedis. Tahun 2006, Singapura memproduksi sekitar 10% keluaran wafer dunia. Singapura memiliki
salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan
merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia setelah
London, New York dan Tokyo. Bank Dunia
menempatkan Singapura pada peringkat hub logistik teratas dunia
2. Sistem
hukum
Singapura
memiliki sistem hukum biasa dengan undng-undang dasar tertulis yang dianggap
sebagai hukum tertinggi Republik (Pasal 4). Terdapat juga perjanjian hak asasi
manusia, yang berisi hak-hak dasar seperti hak seseorang untuk memiliki
pengacara, dan mengetahui alasan penahanan, perlindungan atas bahaya dan hukum
pidana retrospektif, persamaan dalam perlindungan, dan hak warga negara untuk
berpendapat, berkumpul dan berserikat. Kebanyakan hak dibatasi dan dapat
dikurangi dengan alasan-alasan tertentu. Namun terdapat dua hak absolut yaitu:
kebebasan dari perbudakan dan kebebasan warga negara dari pembuangan.
Singapura mewariskan sistem pemerintahan parlemen yang mengikuti model Westminster Inggris. Di dalamnya berdasarkan undang-undang dasar terdapat kepala negara, presiden yang bertindak atas nasehat kabinet yang dipimpin oleh seorang perdana menteri (undang-undang dasar, pasal 21) dan parlemen terpilih, dimana partai atau koalisi partai mayoritas para menterinya ditunjuk oleh perdana menteri (pasal 25) dan bertanggung jawab terhadap parlemen (Pasal 24). Presiden menunjuk seorang perdana menteri yang menurutnya diyakini oleh mayoritas anggota parlemen. Singapura juga memiliki undang-undang dasar tertulis, yang didasarkan atas undang-undang dasar asli negara pada tahun 1963, dengan beberapa konsep yang diturunkan dari undang-undang dasar Malaysia, yang ditarik dari pengalaman Amerika Serikat dan India. Negara ini merupakan negara uniter, dengan pemerintahan pusat yang kuat, yang tidak memiliki pemerintahan lokal karena ukuran negaranya yang kecil, kecuali majelis kota yang memiliki kewenangan terbatas (di bawah undang-undang majelis kota) untuk mengelola kota baru atau daerah tempat tinggal. Dengan pasal 4, undang-undang dasar merupakan hukum tertinggi Singapura dan setiap hukum yang dikeluarkan badan pembuat undang-undang yang tidak konsisten dengan undang-undang dasar akan dibatalkan atas dasar tidak konsisten.
Singapura mewariskan sistem pemerintahan parlemen yang mengikuti model Westminster Inggris. Di dalamnya berdasarkan undang-undang dasar terdapat kepala negara, presiden yang bertindak atas nasehat kabinet yang dipimpin oleh seorang perdana menteri (undang-undang dasar, pasal 21) dan parlemen terpilih, dimana partai atau koalisi partai mayoritas para menterinya ditunjuk oleh perdana menteri (pasal 25) dan bertanggung jawab terhadap parlemen (Pasal 24). Presiden menunjuk seorang perdana menteri yang menurutnya diyakini oleh mayoritas anggota parlemen. Singapura juga memiliki undang-undang dasar tertulis, yang didasarkan atas undang-undang dasar asli negara pada tahun 1963, dengan beberapa konsep yang diturunkan dari undang-undang dasar Malaysia, yang ditarik dari pengalaman Amerika Serikat dan India. Negara ini merupakan negara uniter, dengan pemerintahan pusat yang kuat, yang tidak memiliki pemerintahan lokal karena ukuran negaranya yang kecil, kecuali majelis kota yang memiliki kewenangan terbatas (di bawah undang-undang majelis kota) untuk mengelola kota baru atau daerah tempat tinggal. Dengan pasal 4, undang-undang dasar merupakan hukum tertinggi Singapura dan setiap hukum yang dikeluarkan badan pembuat undang-undang yang tidak konsisten dengan undang-undang dasar akan dibatalkan atas dasar tidak konsisten.
Parlemen
secara alami bersifat tunggal, dan terdiri dari anggota dengan masa jabatan 5
tahun. Calon berumuran minimal 21 tahun dan tidak memiliki status bankrut atau
status kejahatan. Pada awalnya, setiap anggota dipilih oleh pemilih anggota
tunggal, sebagaimana sistem di Inggris. Namun hal ini diamendemen untuk
merangkul berbagai macam anggota. Parlemen dapat terdiri dari:
a. Konstituen anggota tunggal
b. Konstituen perwakilan
kelompok (GRC)a. Konstituen anggota tunggal
c. Anggota tyang dicalonkan (NMP)
d. Anggota bukan konstituen (NCMP)
Meski hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris dan India Britania, dan meliputi banyak elemen hukum umum Inggris, dalam beberapa kasus hukum ini keluar dari warisan tersebut sejak kemerdekaan. Contohnya adalah pengadilan oleh juri dihapuskan.
Singapura
memiliki hukum dan penalti yang meliputi hukuman
korporal yudisial dalam bentuk pencambukan untuk pelanggaran
seperti pemerkosaan, kekerasan, kerusuhan, penggunaan obat-obatan terlarang,
vandalisme properti, dan sejumlah pelanggaran imigrasi. Singapura
juga memiliki hukuman mati wajib untuk pembunuhan
tingkat pertama, penyelundupan obat-obatan terlarang, dan
pelanggaran senjata api. Amnesty International mengatakan
bahwa "serangkaian klausa dalam Undang-Undang Penyalahgunaan Obat-Obatan
Terlarang dan Undang-Undang Pelanggaran Senjata Api berisi dugaan bersalah yang
bertentangan dengan hak dianggap tidak bersalah hingga terbukti bersalah dan
mengikis hak pengadilan yang adil", dan memperkirakan bahwa Singapura
memiliki "kemungkinan tingkat eksekusi tertinggi di dunia bila
dibandingkan dengan jumlah penduduknya". Pemerintah menyatakan bahwa Singapura memiliki hak berdaulat untuk
menentukan sistem yudisialnya dan
memaksakan sesuatu yang dianggap sebagai hukuman yang pantas.
3. Perpajakan
Di lingkungan ASEAN ini pajak menjadi
barang dagangan. Masing-masing negara di ASEAN ini utak-atik pajak terus.
Singapura yang terendah dengan 17%. Pajak yang rendah adalah suatu base safety
atau dengan kata lain dampak pajak yang rendah, transfer of agent (transaksi
jasa) dan investasi bergerak ke Singapura.
4. Ikatan
politik dan ekonomi
Singapura adalah sebuah republik parlementer dengan sistem pemerintahan parlementer unikameral Westminster yang mewakili berbagai konstituensi. Konstitusi Singapura menetapkan demokrasi
perwakilan sebagai
sistem politik negara ini. Partai
Aksi Rakyat (PAP)
mendominasi proses politik dan telah memenangkan kekuasaan atas Parlemen di setiap pemilihan sejak menjadi pemerintahan sendiri tahun 1959. Freedom House menyebut Singapura sebagai
"sebagian bebas" dalam "laporan Freedom in the
World" dan The Economist menempatkan Singapura pada tingkat
"rezim hibrida", ketiga dari empat peringkat dalam "Indeks Demokrasi".
Tampuk kekuasaan eksekutif dipegang
oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri. Presiden
Singapura, secara
historis merupakan jabatan seremonial, diberikan hak veto tahun 1991 untuk
beberapa keputusan kunci seperti pemakaian cadangan nasional dan penunjukan
jabatan yudisial. Meski jabatan ini dipilih melalui pemilu rakyat, hanya pemilu
1993 yang pernah diselenggarakan sampai saat ini. Cabang legislatif pemerintah
dipegang oleh parlemen.
Pemilihan parlemen di Singapura memiliki dasar pluralitas untuk konstituensi perwakilan kelompok sejak Undang-Undang Pemilihan Parlemen diubah tahun 1991. Anggota parlemen (MP) terdiri
dari anggota terpilih, non-konstituensi dan dicalonkan. Mayoritas MP terpilih
melalui pemilihan umum dengan sistem pertama-melewati-pos dan mewakili Anggota
Tunggal atau Konsituensi Perwakilan Kelompok (GRC).
5. Inflasi
Tingkat inflasi di Singapura naik
tipis menjadi 2,0 persen year-on-year (yoy) pada Agustus 2013, dari
1,9 persen pada bulan sebelumnya. Dilansir dari Channel News Asia,
Senin (23/9/2013), Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengatakan, semakin
tingginya CPI pada semua barang inflasi karena biaya yang lebih tinggi dalam
akomodasi, pelayanan dan makanan, sebagian diimbangi keuntungan kecil
dalam biaya transportasi jalan pribadi.
Tingkat inflasi Agustus, yang mewakili
empat bulan berturut-turut meningkat, sejalan dengan perkiraan ekonom. Biaya akomodasi adalah
kontributor utama data pada Agustus, meningkat sebesar 4,2 persen dibandingkan
dengan 2,6 persen pada Juli. Hal ini karena pencairan biaya layanan dan
pemeliharaan (S&CC) untuk rumah tangga HDB pada Juli. MAS mengatakan, penyewaan
dalam akomodasi yang ditempati pemilik (OOA) menyumbang 0,7 poin persentase
dari inflasi secara keseluruhan, sedikit turun dari 0,8 persentase poin pada
Juli, mencerminkan kondisi lembut di pasar penyewaan perumahan. Inflasi layanan mengambil
sedikit menjadi 2,7 persen pada Agustus, dari 2,5 persen pada bulan sebelumnya,
dipimpin kenaikan kuat harga TV kabel dan biaya pendidikan. Harga pangan
meningkat sebesar 2,4 persen pada Agustus, naik dari 2,1 persen pada Juli,
terutama karena harga makanan jajanan dan restoran yang mahal.
Sementara itu, biaya transportasi
jalan pribadi melihat keuntungan yang lebih kecil sebesar 0,1 persen pada
Agustus, naik 2,0 persen dari bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan penurunan
harga mobil pada Agustus dan harga BBM naik pada laju lebih moderat, sejalan
dengan tren terbaru harga minyak dunia. Inflasi inti MAS, tidak termasuk
biaya akomodasi dan transportasi jalan pribadi, naik menjadi 1,8 persen pada
Agustus dari 1,6 persen pada Juli, karena kontribusi sedikit lebih tinggi pada
makanan dan layanan . Inflasi Inti MAS diperkirakan akan meningkat untuk sisa
tahun dengan rata-rata 1,5-2,5 persen pada 2013 .
6. Tingkat
Perkembangan Ekonomi
Pada dasarnya merupakan satu negara
tersendiri yang menitikberatkan kepada ekonomi berorientasi ekspor, dimana
peran pemerintah dalam mendukung pembiayaan pembangunan sangatlah besar.
Sebagai sebuah negara, Kota Singapura memiliki konsistensi pertumbuhan ekonomi
tingkat tinggi (rata-rata 11%).
7. Tingkat
Pendidikan
Kurikulum pendidikan
Singapura ternyata tidak berbeda jauh dari kurikulum pendidikan di Indonesia.
Mereka juga menyelenggarakan ujian nasional atau yang sering disebut UN
bagi semua siswa setiap akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.
Bedanya, jenjang pendidikan di Singapura itu agak belibet.
Anak-anak di Singapura
masuk ke dunia pendidikan formal mulai dari tingkat TK
(Kindergarter School) lanjut ke SD (primary school)
selama 6 tahun. Setelah itu mereka masuk SMP-SMA (secondary school) selama 5
tahun, lalu ke tingkat persiapan menuju kuliah (centralised institute atau
junior colleges) 3 tahun, baru masuk universitas (university).
Akan tetapi, lama seseorang
menyelesaikan pendidikan di setiap jenjang setelah SD itu berbeda- beda. Karena setiap anak dimasukkan ke kelas sesuai dengan
kemampuan masing-masing, ada 3 kelas di jenjang secondary school, antara lain
Express, Normal Academic dan Normal Technical.
1. Kelas Express
merupakan tempat UNTUK siswa pintar. Bagi anak-anak kelas Express, mereka bisa menyelesaikan
secondary school selama 4 tahun. Ini juga kalau mereka lulus ”O” Level Test Singapura.
2. Kelas Normal
Academic, sebelum mereka masuk ke kelas 5, pada tahun ke-4 harus mengerjakan ujian nasional ”N”
level tes agar bisa naik kelas. Setelah
mereka melewati kelas 5, ada ujian nasional lagi yang namanya ”O” Level Test.
3. kelas Normal
Technical, bisa disamakan
dengan SMK. Jadi, setelah mereka lulus secondary school, mereka bisa melanjutkan ke Institute of
Technical Education selama dua tahun, atau sekolah lanjutan untuk mereka yang mau melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi, Polytechnic (untuk
mendapatkan diploma), langsung kerja.
Pelajaran yang mereka dapat juga tidak banyak
berbeda di Indonesia, misalnya Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Seni, juga
pelajaran yang namanya Mother Tongue Language atau pelajaran bahasa sesuai
bahasa ”ibu” mereka. Misalnya, mereka yang orang Melayu akan mempelajari bahasa
Malay, bagi mereka yang Chinese bisa belajar bahasa Mandarin, mereka yang
berasal dari India akan mempelajari bahasa Tamil. Hampir semua mata pelajaran
itu diujikan dalam ”O” Level Test atau UN versi Singapura.
8. Budaya
Singapura adalah
sebuah negara kecil yang didiami keturunan pendatang dari pelbagai kaum,
terutamanya orang Cina,
Melayu, India dan Eropah. Pada
masa ini sebuah budaya "Singapura" yang unik belum berputik kerana
tren perkahwinan antara kaum tidak berleluasa. Namun, sebuah kumpulan
masyarakat yang dikenali sebagai kaum Peranakan atau
'Baba' wujud akibat perkahwinan di antara masyarakat Melayu dan Cina pada masa
silam. Setiap kaum di Singapura masih berpegang teguh kepada adat dan budaya
masing-masing dan ini dibuktikan dengan adanya pelbagai perayaan yang terdapat
di Singapura seperti: Tahun Baru Cina, Hari Wesak, Hari Raya Puasa, Hari Raya Haji, Deepavali,
Krismas dan Tahun Baru.
KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
BalasHapusdan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [0572] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 970 JUTA , wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]
ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D
ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND
ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D